06 Mei 2011

GIS dengan Google Map API

#Penulis: Daddy


Geografic Information System (GIS) saat ini dapat dengan mudah diimplemantasikan di berbagai aplikasi bebasis web. Google adalah salah satu penyedia data mapping yang dapat dipakai sacara gratis. Google map dan google earth yang di-release ke publik olehnya, disertakan dengan Application Interface (API) untuk memudahkan para pengembang aplikasi menggunakan data yang ada di mereka. Beberapa aplikasi mapping dengan data dari google yang terkenal yang telah di-release thrid party diantaranya: 
- panoramio.com, penyedia berbagi photo lokasi, dan
- wikimapia.org, penyedia berbagi informasi lokasi di seluruh belahan bumi

Sebuah perusahaan lokal yang bernama Kenda-Research, mengaplikasikan GIS dengan data dari google pada beberapa aplikasi yang mereka buat, diantaranya Water Level Telemetry (WLT) yang merupakan aplikasi monitoring muka air tanah.





untuk mengakses live data monitoring muka air tanah diatas silahkan kunjungi: http://wlt1.kenda-research.com, masuk saja sebagai Tamu/Guest.

untuk mempelajari bagaimana menggunakan API google map, silahkan lanjut ke: http://code.google.com/intl/id-ID/apis/maps/documentation/javascript/

1 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel tentang gis silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2922/1/Artikel_10105565.pdf terimakasih


    BalasHapus