19 Juni 2011

[Ngoprek] Keran Bak Mandi Otomatis

#Penulis: Daddy






Males buka tutup keran bak mandi? bosan dengan kejadian air meleber bak mandi? atau harus bolak-balik ngecek air karena air pam yang kadang ngalir kadang enggak atau air yang ngalirnya sedikit bikit pusing? anda kurang lebih sama dengan saya sebelum saya menggunakan keran bak mandi otomatis.

Keran jenis ini sebetulnya bisa kita dapatkan di supermarket, harga nya sekitar 45 ribu rupiah. bagi sebagian kita harga sedemikian itu tidak masalah, tapi untuk orang yang suka ngoprek seperti saya itu jadi masalah. dengan tidak lebih dari 10 ribu rupiah, keran bak mandi otomatis buatan saya sudah berfungsi dengan baik. konstruksinya sih rumahan banget, dengan bahan yang diantaranya adalah barang bekas, yakni botol plastik bekas sabun bayi dan kain bekas pakean yang udah jadi lap dapur.

Keran yang digunakan adalah keran yang biasa dipake untuk dispenser, banyak tersedia di supermarket dengan jenis dan harga beragam. yang perlu diperhatikan adalah ukuran dan bentuk dari ujung masukkan yang nantinya akan disambung ke pipa. cari keran yang paling cocok ukuran nya (biasanya 1/2 inch) dan berbentuk ulir di ujung nya.

Komponen lainnya adalah dua buah sumpit. ikatkan dua ujung sumpit ke pegangan keran dengan kain yang telah dicuci, dan dua ujung yang lain ke botol plastik bekas. bentuk seperti gambar di atas. masukkan air ke dalam botol plastik, kurang lebih 1/3 isi total nya untuk menambah tenaga pemberat. balut ulir keran dengan seltip keran, pasang keran otomatis yang telah jadi ke pipa.

Selesai, tak perlu deh kuatir lagi air kosong atau meleber,.. tak repot lagi deh bolak balik buka tutup keran,.. 

Selamat mencoba, semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar